Target pasar adalah poin terpenting yang harus ditelaah oleh
penjual sebelum membangun toko online. Penjual perlu menetapkan
karakteristik-karakteristik konsumen tertentu yang diperkirakan akan sesuai
dengan produknya. Pasalnya, penjual tidak cukup menentukan target pasar saat
memetakan konsumen yang akan dituju. Menetapkan fokus pasar adalah hal yang
jauh lebih bermaanfaat dan krusial dibanding menetapkan target pasar. Teori
pemasaran menyebutkan, ada perbedaan besar antara “target” pasar dan “fokus”
pasar. Apa yang membedakan kedua istilah tersebut? Dan apa siginifikansi
menetapkan fokus pasar dalam bisnis online?
Target pasar didefinisikan sebagai
kelompok konsumen yang merupakan pembeli potensial dalam sebuah jenis bidang
bisnis online. Ciri atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh target pasar
ini berkaitan dengan produk yang didagangkan penjual di toko online. Sebagai
contoh, seorang penjual produk fesyen memilih jenis produk pakaian wanita
sebagai barang yang didagangkannya. Maka, kaum wanita adalah target pasar yang
dituju oleh penjual online tersebut.
Di sisi lain, fokus pasar—biasa
disebut “niche market”—diartikan
sebagai bagian dari target pasar yang jauh lebih spesifik. Karakteristik target
pasar dikerucutkan lebih jelas lagi. Ada pengelompokkan atau kategorisasi yang
memetakan target pasar berdasarkan ciri tertentu. Singkat kata, fokus pasar
adalah turunan yang lebih spesifik lagi dari target pasar. Dengan contoh yang
sama, penjual produk fesyen wanita memfokuskan lagi pasarnya berdasarkan usia
dan gaya hidup. Target pasar kaum wanita diturunkan lagi menjadi kalangan
perempuan dengan rentang usia tertentu yang memiliki gaya hidup tertentu pula.
Jelas, fokus pasar jauh lebih penting
dibanding target pasar. Fokus pasar membantu penjual menentukan jenis produk
apa yang ingin dijualnya. Misalnya, penjual memilih produk fesyen dengan desain
yang fresh, dinamis,
modern, dan up-to-date. Maka, fokus pasar produk demikian
adalah kalangan remaja perempuan berusia 15 hingga 25 tahun. Fokus pasar remaja
perempuan tersebut memandu penjual itu sendiri dalam memajukan bisnisnya.
Penjual bisa fokus mengembangkan jenis produk fesyen yang memang sesuai dengan
fokus bisnisnya sehingga terhindar dari upaya pemasaran yang sia-sia. Pemasaran
yang tidak tepat hanya membuang waktu, tenaga, bahkan uang penjual untuk
mengelola toko online-nya.
Menentukan fokus pasar memberikan
beragam manfaat bagi penjual online. Selain terhindar dari pemasaran yang
sia-sia, menetapkan fokus pasar berarti meminimalisir jumlah kompetitor. Masih
mengacu pada contoh yang sama, penjual yang hanya berdagang produk fesyen
wanita secara umum juga harus menghadapi kompetitor produk sejenis, yaitu yang
menjual segala jenis pakaian dan aksesori wanita. Namun ketika penjual produk
fesyen wanita ini memfokuskan konsumen kepada kalangan remaja perempuan, maka
ia hanya perlu bersaing dengan penjual produk fesyen remaja. Ia tidak perlu
bersaing dengan penjual yang berdagang produk fesyen wanita secara umum.
Di samping itu, menentukan fokus
pasar menjadikan penjual sebagai pebisnis yang ahli di bidang produk tertentu.
Jenis produk yang didagangkan penjual spesifik. Hal ini membuat penjual bisa
fokus dan memahami seluk-beluk produk dengan komprehensif. Jika konsisten
berdagang produk yang spesifik tersebut, penjual akan menjadi seorang ahli di
bidang bisnis yang digelutinya.
Source by : http://netpreneur.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar