Minggu, 07 April 2013

Metode Ilmiah


Selanjutnya tentang "Metode Ilmiah" ( tugas saya yang ke-4 tentunya ). Sebelum  saya membahas lebih lanjut mengenai metode ilmiah, saya ingin bertanya, "Apa ada yang tahu apa itu metode ilmiah?'. Ya, metode Ilmiah menurut Wikipedia merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.


Menurut Almack (1939) dalam buku Research and Thesis Writing, mengemukakan bahwa metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan, dan penjelasan kebenaran. Sedangkan menurut Osle (1975) dalam Statistics in Research berpendapat bahwa metode ilmiah merupakan pengerjaan terhadap sesuatu untuk memperoleh sesuatu interelasi.
Nazir (1988) dalam bukunya Metode Penelitian mengemukakan bahwa terdapat kriteria  dan langkah-langkah dalam melakukan penelitian yang dituangkan dalam bentuk skema seperti di bawah ini:


Oh ya, saya juga ada tips bagi yang ingin menghafal dengan mudah mengenai langkah - langkah metode ilmiah itu :
1. Merumuskan Masalah
2. Mengumpulkan Data
3. Menyusun Hipotesis atau Dugaan
4. Melakukan Percobaan
5. Menarik Kesimpulan
6. Menguji Kesimpulan dengan Eksperimen Lagi :)

Nah, metode yang di atas itu ( 1 s/d 6 ) metode yang sudah saya pelajari dari saya masih SMP sampai sekarang ( masih ingat ).
Dan cara menghafalnya tidak usah repot. Karena cukup mengambil bagian dari kata - kata ke enam metode tersebut :
1. Ma = merumuskan  MAsalah
2. Ta  = mengumpulkan daTA
3. Hipo = menyusun HIPOtesis
4. Coba = melakukan perCOBAan
5. Narik = meNARIK kesimpulan
6. Uji simpul eksperimen lagi = mengUJI keSIMPULan dengan EKSPERIMEN LAGI :)

Semoga postingan saya tentang "Metode Ilmiah"  beserta bonus cara menghafal mudahnya kali ini dapat bermanfaat. Trima kasih :)

Sumber : idtesis, dan "Metode Penelitian", buku karangan Saifuddin Azwar, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar