Minggu, 31 Maret 2013

Perbedaan Karya Ilmiah, Non Ilmiah, dan Semi Ilmiah


Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa perbedaan karya ilmiah, non ilmiah, dengan semi ilmiah ( bagian dari tugas softskill ke – 3 saya ). Tidak banyak berkata, langsung saja saya mulai pembahasan berdasarkan pengertian yang telah saya himpun yang kemudian saya ringkas dan satukan.

Mengenai arti Karya / Karangan itu sendiri adalah suatu karya tulis dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikanya dengan menggunakan bahasa tulisan agar dapat dengan lebih mudah dipahami oleh pembaca,contoh dari karangan adalah narasi, eksposisi, argumentasi dan lainnya.

Jenis karangan sendiri dibagi menjadi 3 yaitu karya / karangan ilmiah,semi ilmiah non ilmiah ,apa perbedaan dari ketiga jenis karangan?

Karya ilmiah biasanya digunakan untuk menyatakan fakta yang umum dan ditulis menurut metodologi dan tata cara penulisan yang benar ,ciri yang membedakan karangan ilmiah dengan jenis karangan yang lainya adalah  pertama karangan ilmiah bersifat sistematis kemudian objektif dan tidak persuasif sehingga karangan ilmiah lebih baku jika dibandingkan dengan jenis karangan yang lainya,selain itu karangan ilmiah tidak ditulis untuk mengejar keuntungan pribadi dan tidak melebih-lebihkan suatu hal ,adapun contoh dari karangan ilmiah dapat berupa makalah, usulan penelitian skrpisi, tesis, disertasi dan lain sebagainya, umumnya karangan ilmiah terdiri dari judul karangan, pendahuluan, pembahasan simpulan dan daftar pustaka.

Karya non ilmiah adalah karangan yang sudah lazim digunakan dalam dunia tulis-menulis,karangan non ilmiah biasa disebutkan dengan karangan fiksi ataupun non fiksi,perbedaan yang cukup mencolok dari karangan ilmiah dengan karangan non ilmiah adalah pada karangan ilmiah bersifat hasil penelitian sehingga faktual objektif sedangkan karangan non ilmiah   adalah karangan yang bebas dan berasal dari pemikiran sang penulis itu sendiri contohnya adalah novel, roman, cerpen, puisi dan lainnya.

Namun, berbeda dari dua jenis karangan diatas, karya semi ilmiah adalah karangan / karya yang tidak bersifat terlalu ilmiah artinya karangan non ilmiah tidak menggunakan tata cara penulisan yang terlalu baku namun tidak juga bersifat non ilmiah sehingga masih harus tetap memegang tata cara penulisan, contoh dari karangan / karya non ilmiah adalah artikel, opini, feuture dan reportase.

Sumber : Wikipedia




Tidak ada komentar:

Posting Komentar