Minggu, 22 Desember 2013

Inovasi TIK ( PART 3 )



Pastinya setelah kita membahas semua perkembangan, kita akan membahas beberapa inovasi atau ide - ide yang muncul dalam bidang IT. Yuk check it out ...

Inovasi bisa diartikan sebagai sebuah penemuan atau ide baru untuk mengembangkan sesuatu agar bisa menambah nilai jual sesuatu tersebut. Inovasi juga diartikan sebagai proses di dalam organisasi untuk memanfaatkan ketrampilan dan sumber daya untuk mengembangkan produk dan atau jasa baru atau untuk membangun sistem produksi dan operasional baru sehingga mampu menjawab kebutuhan pelanggan.Inovasi diawali dengan ide kreatif. Ide kreatif ini tidak selalu harus berupa upaya penemuan atau atau pencapaian sesuatu yang “besar” namun dapat juga berwujud upaya perubahan kecil untuk memperbaiki praktek yang sedang berlaku.

Inovasi pun terjadi pada teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Seiring dengan meningkatnya kemampuan manusia untuk berinovasi maka semakin besar pula tantangan yang ada, terkait dengan masalah sosial yang timbul maupun jenis inovasi lain yang bisa dipikirkan untuk semakin memberi kemudahan bagi kehidupan manusia. Tentunya sebagai individu yang terkait dalam bidang teknologi sebaiknya terus mengikuti perkembangan tren teknologi yang ada.

 Saat ini bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah memasuki banyak sektor kehidupan manusia. Berkembangnya internet semenjak tahun 1990-an juga semakin menambah semaraknya dunia TIK. Menerima dan mengirim email, membaca berita terkini, menyaksikan film terbaru bahkan melakukan transaksi bisnis yang semuanya dilakukan melalui internet sudah menjadi kebiasaan banyak orang di dunia.
  
Di bidang perangkat keras kemajuan yang sangat pesat juga sangat dirasakan. Hampir setiap tahun terdapat banyak inovasi terbaru TIK di bidang komputer, medis, telekomunikasi, bidang pertanian bahkan karya cipta seni. Dari tahun ke tahun perkembangan teknologi telepon seluler selalu menarik untuk diikuti. Di bidang komputer, bukan hal yang tidak mungkin apabila dalam jangka waktu dekat, perangkat komputer pribadi di rumah kita dapat mempunyai fasilitas penyimpanan data dalam hitungan terrabyte. Juga bukan hal yang mustahil kalau beberapa tahun ke depan, cahaya dapat menjadi sumber energy yang digunakan sebagai pengantar komunikasi data yang digunakan untuk jaringan komputer. Bahkan dengan sangat pesatnya perkembangan dalam teknologi perangkat keras, membuat sebagian orang mengalami kerugian karena investasinya tidak bertahan lama dengan keluarnya sistem atau perangkat yang lebih baru lagi.
  
Adanya inovasi- inovasi yang berkembang dalam teknologi informasi dan komunikasi, membuat adanya penemuan ide- ide baru pada perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Banyak sekali produk-produk inovasi berasal dari teknologi informasi, karena degan penggunaan teknologi informasi ini dapat membantu kebutuhan setiap orang. Berkembangnya teknologi informasi, dapat dilihat dari pengguna internet yang semakin banyak, terutama sejak ditemukannya jejaring sosial Facebook. Facebook sendiri merupakan suatu produk inovasi yang mengembangkan dari produk yang sudah ada sebelumnya, jejaring sosial yang sudah ada sebelumnya. Facebook mengembangkan dan menambahkan beberapa fitur yang dapat menarik pengguna dimana pengguna dapat dengan mudah dan menjadi sangat tergantung dengan harus menggunakan sistem itu tersebut. Berkembangnya pengguna internet ini juga dengan semakin canggihnya mesin pencari yang begitu terkenal saat ini yaitu Google, dengan menggunakan Google setiap orang dapat menemukan apa yang ingin ia temukan dengan mencari di Google. Dengan ditemukannya Google, informasi dapat dengan mudah ditemukan saat ini, berbagai ide dapat dicari dengan mudah, hal ini yang mengembangkan kreatifitas  dapat dengan mudah berkembang. 
Inovasi dalam bidang teknologi informasi terbagi dalam banyak hal, mulai dari dalam hardware atau perangkat keras hingga ke level aplikasi atau perangkat lunak/software. Dalam bidang hardware contohnya berkembang berbagai jenis handphone mulai dari yang bentuknya sangat kecil, hingga ke teknologi dengan layar sentuh dengan dilengkapi berbagai sensor di dalamnya, dengan penawaran harga yang sangat terjangkau, selain itu adanya keinginan untuk membuat komputer dalam bentuk kecil, sehingga dibuat suatu mini komputer yang disebut dengan tablet, dimana memiliki kemampuan seperti komputer, dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dapat dilakukan namun juga dengan dilengkapi fungsi handphone untuk komunikasi. Dengan berkembangnya hardware tentu diiringi juga dengan berkembangnya software dimana saat ini banyak aplikasi-aplikasi sederhana namun memiliki banyak fungsi yang sangat mudah digunakan dan diakses.
            
Adanya inovasi/ penemuan terhadap teknologi informasi dan komunikasi juga membawa dampak- dampak. Ada dampak positif dan negatifnya. Dampak Positif yang didapat adanya penemuan baru Informasi yang ada di masyarakat dapat langsung dipublikasikan dan diterima oleh masyarakat,Hubungan sosial antar masyarakat dapat berlangsung dimana saja dan kapan saja, Sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat,Tumbuhnya sikap percaya diri dan motivasi tinggi.Dampak Negatifnya itu sendiri ialah Timbulnya jenis kejahatan baru,
,Maraknya perilaku menyimpang yang terjadi di kalangan masyarakat pada umumnya dan remaja pada khususnya,Menurunnya tingkat kepercayaan kepada lingkungan sekitar,Kurangnya ruang privasi, Masuknya budaya asing yang kurang baik dan tidak difilter, dan Meningkatnya angka pengangguran.

Peluang bisnis dari perangkat - preangkat baru yang diciptakan juga banyak sekali misalkan saja adanya komputer dan internet yang semakin canggih bisa membuka usaha bisnis sendiri bagi beberapa individu.
 
Beberapa contoh perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang ditemukan karena inovasi serta  nama penemu perangkat baru dalam teknologi informasi dan komunikasi yang ada hingga sekarang:
- Martin Cooper ( Penemu Telepon Genggam )
Martin Cooper sang penemu telepon genggam ini sendiri tidak membayangkan bahwa telepon selular bisa sekecil sekarang ini sehingga dapat dibawa kemana saja sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan di zaman nirkabel sekarang ini. Martin Marty Cooper (lahir 26 Desember 1928 di Chicago, Illinois, USA) yang merupakan pemimpin tim insinyur dari Motorola yang mengembangkan perangkat genggam ponsel yang berbeda dari telepon mobil (Car Phone). Cooper adalah CEO dan pendiri ArrayComm, sebuah perusahaan yang bekerja dalam penelitian teknologi Smart Antena dan mengembangkan jaringan nirkabel, dan merupakan direktur Penelitian dan Pengembangan Motorola.
-   Alexander Bain ( Penemu Fax )
Alexander Bain (lahir Oktober 1811 – meninggal 2 Januari 1877 pada umur 65 tahun) adalah seorang pembuat jam dan instrumen asal Skotlandia. Ia mempatenkan nenek moyang mesin faks, dan ia diakui sebagai penemu mesin faks. Ia adalah penemu dan teknisi serba bisa yang kemudian memasang jalur telegraf pertama di sepanjang jalur kereta api antara Edinburgh dan Glasgow. Alexander Bain lahir di Watten, Caithness, Skotlandia dan meninggal di Kirkintilloch dan dimakamkan di Pemakaman Old Aisle.
- J.C.R Licklider ( Penemu Internet )
Pada bulan Agustus tahun 1962, J.C.R Licklider dari MIT (Massachuet Institute of Technology) mengemukakan sebuah konsep bahwa interaksi sosial dapat dilakukan juga melalui sebuah jaringan komputer. Konsep ini dikenal dengan nama sistem kerja galatic network. Licklider ini mempunyai vise sebuah jaringan komputer global yang saling berhubungan di mana setiap orang dapat mengakses data dan program secara tepat dari tempat di manapun. Semangat konsep tersebut sangat sesuai dengan konsep internet sekarang ini. Lincklider adalah  pimpinan pertama riset program komputer dari proyek DARPA, yang dimulai pada bulan Oktober tahun 1962. Selama DARPA, Licklider bekerja sama dengan Ivan Sutherland. Bob Taylor dan Lawrence G. Roberts Leonard Kletirock di MIT mempublikasikan tulisannya berjudul “The first paper on packet switching theory” dalam bulan Juli tahun 1961 dan “The first book on the subject” tahun 1964. Kleinrock sepaham dengan Roberts dalam teori kelayakan komunikasi mempergunakan sistem paket data daripada hanya mempergunakan sebuah rangkaian elektronik. Teori ini merupakan cikal bakal adanya jaringan komputer.

Thx all ...


Source :
komonikasi.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar