Minggu, 22 Desember 2013

Mari Kita Kupas Perkembangan ICT di Indonesia



Kata ICT  memang terdengar akrab di telinga kita akan tetapi tahukah Anda apa ICT itu sebenarnya? Apa fungsi ICT atau mungkin apa yang Anda tahu tentang sejarah dari perkembangannya yang pesat tersebut? Disini akan ada banyak hal yang bisa kita semua dapat ketahui dan pelajari tentang sebuah perjalanan ICT di Indonesia.
Sebuah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information & Communication Technologies (ICT), adalah wadah besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.

Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) atau secara internasional dikenal dengan istilah ICT ( Information and Communication Technology ) sangat penting di era globalisasi saat ini. Penggunaan komputer untuk mengakses, mengolah, dan menyajikan informasi, baik secara individu maupun kelompok, intra network intranet ) maupuninternasional network ( internet ), merupakan kebutuhan primer di era digital. Survey di Amerika Serikat memperlihatkan bahwa pelajar, termasuk mahapelajar, di era abad 21 ini ini memperlihatkan perubahan sikap. Perubahan sikap yang nyata adalah penguasaan dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet oleh pelajar dalam aktivitas keseharian amat dominan. Pesatnya perkembangan TI, khususnya internet, memungkinkan pengembangan layanan informasi yang lebih baik dalam suatu institusi pendidikan. Dilingkungan pertenaga pendidikan tinggi, pemanfaatan IT lainnya yaitu diwujudkan dalam suatu sistem yang disebut electronic university (e-University). Pengembangan e-University bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga pertenaga pendidikan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik kepada komunitasnya, baik didalam maupun diluar pertenaga pendidikan tinggi tersebut melalui internet. Layanan pendidikan lain yang bisa dilaksanakan melalui sarana internet yaitu dengan menyediakan materi kuliah secara online dan materi kuliah tersebut dapat diakses oleh siapa saja yang membutuhkan.
Seperti yang kita ketahui jika penerapan TIK / ICT memiliki keunggulan tersedianya informasi secara luas, cepat, dan tepat, adanya kemudahan dalam proses pembelajaran dan dukungan teknologi untuk memudahkan proses belajar mengajar. Penerapan TIK / ICT juga memiliki keunggulan khas yaitu tidak terbatasi oleh tempat dan waktu. Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional juga telah merespon keadaan di atas dan adanya era informasi ini dengan merumuskan kebijakan peningkatan akses, efisiensi, efektivitas dan kualitas pendidikan serta manajemen pendidikan dengan implementasi ICT.
Ini merupakan salah satu faktor yang mengharuskan pengembangan ICT dalam dunia pendidikan di Indonesia. Agar kualitas sumber daya manusia Indonesia yang merupakan produk dari pendidikan itu semakin baik dan dapat bersaing dalam dunia yang berbasiskan teknologi. Oleh sebab itu Depertemen Pendidikan Nasional melalui PUSTEKKOM melakukan pengembangan terus menerus terhadap ICT untuk dunia pendidikan di Negara kita ini.Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) makin pesat saja. Namun dalam beberapa sisi, Indonesia masih cukup tertinggal dan menempati golongan rendah jika dibandingkan negara-negara lain di dunia.Demikian diungkapkan Ananta Gondomono, Academic Manager Microsoft Indonesia, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (10/2/2011). Ia memaparkan berbagai data mengenai kondisi perkembangan TIK di Indonesia. Berdasarkan data yang dilansir dari sejumlah biro riset, Indonesia masih berada di tahap 1 dari 7 tahap yang ada.
Jika tahap satu dihuni Indonesia bersama Filipina, Vietnam dan Arab Saudi. Sedangkan tahap ketujuh adalah negara maju seperti Inggris, Jerman, Jepang dan Amerika Serikat. Bahkan negara tetangga Thailand, sudah berada di tahap dua.
Indonesia dikategorikan dalam kategori bawah terkait beberapa faktor. Misalnya, perusahaan peranti lunak masih sejumlah 300, pengembang profesional sebanyak 47 ribu, penetrasi PC ke penduduk baru 5%, tingkat pembajakan software mencapai 85% dan belanja TIK negara dibandingkan PDB masih 0,08%.
Namun di sisi lain, ia juga mengungkap bahwa penetrasi ponsel di Indonesia sudah cukup besar, mencapai 66% dari jumlah populasi. Dan diprediksi jumlahnya bakal mencapai 107% pada tahun 2015 atau melebihi jumlah penduduk
ICT  dalam era mobile phone memberikan kemudahan bagi manusia. Dimana manusia dapat menggunakan teknologi ini kapan dan dimana saja mereka inginkan. Smartphone, PDA, ipad, dan lain sebagainya merupakan beberapa contoh teknologi mobile yang digunakan. Bahkan di dalamnya terdapat berbagai fitur yang memanjakan para penggunanya. Misalnya seperti YM, Skype, Facebook dan sebagainya. Bertambahnya peminat dalam dunia ICT membuat para investor untuk membuka industri yang menguntungkan mereka. Sehingga para investor ICT ini membutuhkan pekerja yang berkerja di bidang IT, seperti  Programming, Sistem analist, Konsultan Sistem, dan sebagainya. ICT memiliki pengaruh besar dalam proses kegiatan suatu perusahaan dengan meliputi pengolahan, penjualan, pembelian, pemasaran dan produksi.
Semoga setelah melihat perkembangan ICT di atas, kita dapat menjadikan hal tersebut menjadi pacuan untuk lebih bisa semakin memajukan teknologi. 

Sekian, thx a lot for ur visit & read my post .
See u 'n byee ...




Source by : 
komunikasi.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar